Selasa, 17 April 2012

Network Protocol

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubunganan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.
Network protokol yang umum digunakan adalah
  • TCP/IP (for UNIX, Windows NT, Windows 95 and other platform)
  • IPX (for Novell NetWare)
  • DECnet (for networking Digital Equipment Corp. computers)
  • AppleTalk (for Macintosh computers)
  • and NetBIOS/NetBEUI (for LAN Manager and Windows NT networks)
OSI Model menentukan bagaimana perangkat komputer yang berbeda seperti Network Interface Cards (NIC), bridge dan router pertukaran data melalui jaringan dengan menawarkan suatu kerangka kerja jaringan untuk mengimplementasikan protokol di tujuh lapisan. Dimulai pada lapisan aplikasi, kontrol dilalui dari satu lapisan ke yang berikutnya.
7 OSI (Open System Interconnection) Model
Layer 7 : Application
Layer 6 : Presentation
Layer 5 : Session
Layer 4 : Transport
Layer 3 : Network
Layer 2 : Data Link
Layer 1 : Physical
Keterangan:
Layer 7 : Application
  • Interface antara jaringan dengan s/w aplikasi
  • Mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan
  • Contoh : Telnet, HTTP, FTP, SMTP, POP3
Layer 6 : Presentation
  • Mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan oleh jaringan (mengatur bagaimana data dipresentasikan)
  • Menangani pemrosesan seperti enkripsi, tipe data, format data, struktur data
  • Contoh : JPEG, GIF, ASCII. EBCDIC
Layer 5 : Session
  • Mendefinisikan bagaimana koneksi dimulai, dipelihara, dan diakhiri
  • Sinkronisasi antara pertukaran data antarkomputer
  • Contoh : protokol SCP (Session Control Protocol), NETBIOS
Layer 4 : Transport
  • Melakukan segmentasi dan menyautkan kembali data yang tersegmentasi (reasembling) dari upper layer
  • Flow Control, memastikan host pengirim tidak mengirimkan data lebih cepat dari yang dapat diolah oleh host penerima
  • Error Checking, untuk mendeteksi transmisi yang error
  • Error Recover, meminta pengiriman kembali data yang rusak/error
  • Contoh: Protokol TPC, UDP
Layer 3 : Network
  • Menentukan alamat jaringan secara logik
  • Mennetukan rute yang harus diambil selama perjalanan
  • Menjaga antrin trafik di jaringan
  • Error Checking, Error Recovery
  • Data pada bagian ini disebut paket
  • Contoh :  Protokol IP, IPX
Layer 2 : Data Link
  • Grouping data secara logikal (Framing)
  • Menggabungkan paket menjadi byte dan byte menjadi frame
  • Menyediakan akses ke media menggunakan alamat MAC
  • Melakukan pendeteksian kesalahan bukan perbaikan 
  • Menurut Spesifikasi IEEE 802, dikelompokkan menjadi 2 yaitu Logical Link Control (LCC) dan Media Acces Control (MAC)
  • Contoh : IEEE 802.3/ 802.2/HDLC
Layer 1 : Physical
  • Memindahkan bit antardevices
  • Spesifikasinya berupa voltas, wire, speed, pin pada kabel. Contoh : EIA/TIA-232, .35, ...
  • Mengirim bit dan menerima bit
  • Berkomunikasi langsung dengan jenis media transmisi
  • Merepresentasikan bit tergantung dari media dan protokol yang digunakan
  • Menentukan kebutuhan listrik, mekanis, prosedural, dan fungsional, mempertahankan dan menonaktifkan hubungan fisik antarsistem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar